Pengertian RAM dan Fungsinya

Pengertian RAM dan Fungsinya - Bagi anda yang selalu berkecimpung dengan menggunakan komputer atau gadget pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya RAM. Setiap anda membeli sebuah komputer atau RAM yang dilihat pertama kali adalah RAM, seberapa besarkah ukuran RAM pada komputer atau gadget tersebut. Tapi anda sudah tahukah apa pengertian RAM dan fungsinya ?

Pengertian RAM


RAM adalah singkatan dari Random Access Memory yakni sebuah perangkat keras di dalam komponen komputer atau gadget yang bisa mengakses memori secara acak dan sangat cepat. RAM juga sering disebut sebagai memory utama pada sebuah perangkat komputer atau gadget.



RAM dapat menyimpan data secara cepat dikarenakan kemampuan RAM ini yang dapat mengakses data secara acak. Disamping itu, RAM pula bisa menyimpan data sementara pada saat perangkat tersebut menyala dan belum tersimpan pada harddisk. Bisa disebut RAM ini adalah memori paling cepat mengakses data pada sebuah komputer atau gadget dibandingkan dengan perangkat memori lainnya seperti Hard Disk Drive (HDD) dan Solid State Drive (SSD).

Walaupun demikian, yang membedakan RAM dengan memori lain adalah data yang disimpan dalam RAM hanya bersifat sementara dana data yang disimpan dalam RAM akan hilang secara otomatis ketika komputer atau gadget dimatikan.

Kinerja RAM ini secara umum dapat dijelaskan ketika kita membuka sebuah program maka akan terjadi pengalihan data dari Harddisk menuju RAM. Hal ini dikarenakan RAM ini dapat mengakses data lebih cepat dan mudah dibandingkan dengan Harddisk. Pengaksesan data dari RAM pun tidak memerlukan waktu lama untuk menunggu atau lag time. Jadi, semakin besar ukuran RAM dalam sebuah perangkat komputer atau gadget maka akan semakin cepat pula dalam mengakses sebuah program.

Dan bagusnya lagi, RAM bisa diperbesar kapasitasnya untuk menambah kecepatan akses sebuah perangkat baik itu pada komputer atau gadget lain seperti smartphone dan laptop.

Fungsi RAM


Setiap perangkat pada komputer atau gadget tentunya mempunyai fungsi penting masing-masing, begitu pula dengan RAM. Berikut fungsi dari RAM antara lain:

1. Menyimpan Data
Data yang disimpan dalam memori harddisk biasanya lebih lama untuk ditampilkan karena harddisk ini bekerja cukup lamban. Ini disebabkan karena harddisk menyimpan banyak data dan perlu waktu untuk dapat menemukan data tersebut ketika data sedang mengalami fragmentasi. Untuk mempercepat dalam pemanggilan data, pada saat file pertama kali dibuka, maka data akan dibaca dan disimpan sementara pada RAM secara otomatis sehingga data tersebut bisa cepat diakses ketika program komputer masih berjalan (belum dimatikan).

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa RAM ini bekerja dengan sangat cepat, bahkan lebih cepat lagi dari dari solid state drive (SSD). Maka data yang sedang dibuka dan dibaca pada sebuah program akan tetap berjalan dan bisa dibuka kembali secara cepat saat berpindah dari satu program ke program lainnya selama program tersebut tidak ditutup atau dimatikan.

2. Menyimpan Data Sementara
Selain untuk membaca sebuah data, RAM juga berfungsi sebagai penyimpanan sementara ketika sebuah program sedang dijalankan.

Contohnya saja ketika kita sedang mengakses Microsift Excel atau program lainnya, maka tulisan tersebut akan tersimpan pada program tersebut walaupun sifatnya hanya sementara. Dengan demikian, program yang dijalankan akan sangat cepat dan responsive.

Dikarenakan sifatnya yang sementara, maka anda jangan lupa untuk menyimpan data tersebut dalam format yang permanen. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti listrik mati atau hal lainnya yang dapat membuat data tersebut hilang dan tidak dapat diakses kembali.

Ukuran RAM


Besar kecilnya ukuran RAM akan sangat berpengaruh dalam kecepatan sebuah komputer atau gadget. Apabila kapasitas RAM sudah terisi penuh dengan data-sata sementara, maka perlu penambahan RAM atau upgrade RAM dapat mempercepat kembali performa sistem dalam sebuah perangkat komputer atau gadget.

Penambahan RAM pada sebuah komputer atau gadget dengan ukuran 1 atau 2 GB tidak akan begitu terasa apabila digunakan untuk membuka beberapa program sekaligus seperti foto, game, video atau program lainnya. RAM dapat diakses lebih cepat, tapi tidak dapat menyimpan data secara permanen. Hal ini dikarenakan ukuran RAM jauh lebih kecil dibandingkan dengan ukuran hard drive. Misalnya saja dalam sebuah komputer ukuran hard drive ini dapat mencapai 10 TB sedangkan ukuran maksimal RAM hanya mencapai 8 GB, bahkan pada Windows 8 versi Enterprise ukuran RAM nya hanya mencapai batas maksimal 512 GB.

Demikian pengertian RAM dan fungsinya, semoga bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung di blog Informasi Jaringan Komputer ini. Jangan lupa like and share apabila artikel ini bermanfaat. 

Artikel lainnya:

1 Response to "Pengertian RAM dan Fungsinya"