Pengertian Client Server dan Fungsinya

Pengertian Client Server dan Fungsinya - Client Server merupakan sebuah bentuk arsitektur yang dimana "client" ini merupakan perangkat yang menerima serta menampilkan dan menjalankan software komputer (aplikasi). Sedangkan "server" merupakan perangkat penyedia aplikasi serta bertindak sebagai pengelola, keamanan serta data aplikasi. Server ini dapat terhubung dengan client dengan melalui kabel UTP dan network card (kartu jaringan). PCI atau ISA merupakan salah satu perwujudan dari kartu jaringan.


Pada teknologi informasi, client server lebih merujuk pada cara mendistribusikan sebuah aplikasi (software) ke pihak client serta server. Pada client server, aplikasi terbagi menjadi dua bagian tetapi masih dalam satu kesatuan yaitu komponen client dan komponen server.

Komponen client ini biasanya dijalankan pada sebuah workstation. Data dimasukan oleh pemakai workstation dengan teknologi pemrosesan tertentu, lalu mengirmnya ke komponen server, biasanya berupa permintaan layanan tertentu yang ada pada server. Komponen server setelah menerima layanan tersebut akan langsung memprosesnya dan akan dikembalikan kembali ke client berupa hasil pemrosesannya. Client lalu menerima hasil pemrosesan tersebut lalu menampilkannya pada pemakai melalui aplikasi yang digunakannya.

Baca juga :


Salah satu contoh dari aplikasi client server adalah aplikasi pada web yang di desain dengan menggunakan ASP (Active Server Pages). Skrip dari ASP tersebut akan dijalankan pada web server (Internet Information Service atau Apache), sedangkan skrip yang berjalan pada pihak client akan dijalankan oleh browser web pada komputer client atau workstation.

Client Server adalah metode penyelesaian masalah pada aplikasi (software) yang menggunakan sistem database sehingga perangkat komputer tidak perlu di install database. Database client server bisa di install pada komputer server sedangkan aplikasinya di install pada pihak client.

Komponen client ini pula sering disebut dengan front-end, sedangkan komponen server sering disebut dengan back-end.

Terimakasih telah berkunjung pada blog Informasi Jaringan Komputer. Silahkan like and share apabila artikel ini bermanfaat :-)

0 Response to "Pengertian Client Server dan Fungsinya"

Post a Comment