Pengertian WWW (World Wide Web) Beserta Sejarahnya



Pengertian WWW (World Wide Web) Beserta Sejarahnya,- Apakah kalian sudah tidak asing dengan susunan huruf WWW pada internet? Ya pastinya kalian juga pernah bahkan sering menggunakan susunan huruf WWW pada internet, akan tetapi tidak semua orang mengetahui pengertian, kegunaannya, bahkan mengenai tentang sejarah WWW. Nah untuk itu saya akan mencoba membahas mengenai World Wide Web atau biasa sering di singkat menjadi WWW.

Pengertian WWW (World Wide Web)
WWW (World Wide Web) atau lebih dikenal dengan sebutan web, merupakan salah satu layanan yang didapat oleh para pemakai komputer yang terhubung ke internet. Web adalah ruang atau halaman informasi dengan menggunakan teknologi hyperlink untuk menghubungkan tiap dokumen. Dengan teknologi ini pemakai dituntun untuk menemukan informasi dengan mengikuti tautan (link) yang disediakan dalam halaman web yang ditampilkan lewat web browser.

Internet identik dengan web, karena kepopuleran web sebagai interface pada layanan-layanan yang ada di internet. Dimana yang pada awalnya web hanya sebagai penyedia informasi kini digunakan juga untuk berkomunikasi surat elektronik (email), chatting sampai dengan streaming video.

Sejarah WWW (World Wide Web)
WWW ditemukan pertama kali pada tahun 1991 oleh Tim Berners-Lee. Pada awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Sistem nya itu adalah program berbentuk software (perangkat lunak) yang diberi nama Enquire, dengan programnya itu Barners berhasil membuat jaringan yang menautkan berbagai arsip sehingga dapat mempermudah mencari informasi yang di butuhkan.

WWW pertama kali di kembangkan di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-lee membuat pengajuan untuk proyek pembuatan hiperteks global, kemudian pada bulan Oktober 1990, 'World Wide Web' sudah dapat dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW secara resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet di seluruh dunia.

Terima kasih anda telah mengunjungi situs kami,- Info Seputar Jaringan Komputer
Semoga Bermanfaat :)

3 Responses to "Pengertian WWW (World Wide Web) Beserta Sejarahnya"