Cara Install Driver Komputer atau Laptop dengan Mudah

Cara Install Driver Komputer atau Laptop dengan Mudah - Supaya hardware PC ataupun laptop dapat berfungsi dengan baik, anda harus menginstall drivernya. Driver ini berguna untuk menghubungkan sistem operasi dengan hardware pada PC ataupun laptop. Tanpa adanya driver, sangat mustahil sistem operasi bisa mengenali dan berkomunikasi dengan berbagai hardware seperti VGA, LAN, Chipset dan yang lainnya.


Untuk dapat menginstall driver di PC, biasanya program yang paling sering dipakai adalah DriverPack Solution. Hal ini dikarenakan di dalam DriverPack Solution terdapat jutaan driver yang dibutuhkan oleh pengguna komputer ketika dalam proses instalasi driver PC mereka.

Kenapa Harus DriverPack Solution?
Tidak ada maksud untuk mempromosikan software tersebut, melainkan hanya rekomendasi saja. DriverPack Solution ini akan sangat bermanfaat bagi pengguna komputer terutama buat yang masih awam dalam dunia komputer. Misalnya saja anda ini baru membeli laptop, tentunya sudah plus CD drivernya kan? Dan anda pun perlu menginstallnya satu persatu.

Biasanya driver-driver pada CD tersebut sudah ketinggalan zaman (out to date) atau drivernya masih yang versi lama. Mungkin untuk sebagian orang hal ini tidak menjadi masalah berarti, namun untuk yang CD drivernya hilang dan tidak terlalu paham dengan instalasi driver, maka DriverPack Solution ini adalah pilihan yang sangat tepat.

Ukuran DriverPack Solution Sangat Besar
Sebelumnya sudah saya jelaskan bahwa DriverPack Solution ini menampung jutaan driver di dalam database mereka. Jadi wajar saja jika ukurannya sangat besar. Tidak hanya itu, semakin anda mendownload versi terbaru, maka file nya akan semakin besar pula. Hal ini dikarenakan driver dalam database tersebut lebih banyak dan tentunya up to date.

Cara Penggunaan DriverPack Solution
Dikarenakan software ini berformat .iso, maka anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa PC atau laptop anda sudah menginstall software CD/DVD image file tool seperti DAEMON Tools atau PowerISO.

1. Langkah pertama silahkan jalankan programnya seperti biasa.
2. Anda pun akan melihat tampilan awal DriverPack Solution seperti pada gambar dibawah ini. DriverPack Solution yang saya gunakan ini adalah yang terbaru. Seperti yang sebelumnya saya jelaskan, sebaiknya anda download yang versi paling terbaru.


3. Setelah DriverPack Solution melakukan scanning driver, anda pun akan melihat jumlah driver yang harus anda install. Contoh, dibawah ini komputer saya ada 14 driver yang harus diinstall. Untuk install semua driver tersebut anda tinggal klik Install Automatically pada tombol seperti pada gambar dibawah ini.


4. Selanjutnya anda tinggal menunggu sampai proses instalasi drivernya selesai. Lama proses instalasi ini tergantung banyaknya driver yang anda install.


5. Apabila semua driver sudah selesai di install, tampilannya akan seperti gambar dibawah ini. Kemudian anda harus restart/reboot PC atau laptop anda.


Itulah cara install komputer atau laptop dengan mudah, bahkan bagi yang awam sekalipun terhadap dunia komputer pasti bisa melakukannya. Dan apabila anda lebih suka menginstall satu persatu driver dari situs resminya, silahkan saja. Ini hanya rekomendasi saja dari saya supaya proses instalasi driver PC atau laptop anda lebih mudah dan praktis. Untuk link download software nya silahkan cari saja di mbah "Google", banyak situs yang menyediakan link download DriverPack Solution dalam berbagai versi.

Terimakasih sudah berkunjung di blog Informasi Jaringan Komputer ini. Semoga yang saya informasikan ini dapat bermanfaat. Jangan lupa like & share jika artikel ini bermanfaat :-)

1 Response to "Cara Install Driver Komputer atau Laptop dengan Mudah"